CaraBelajarMembacaAlQuran.com

"Orang yang memberi petunjuk kepada kebaikan sama pahalanya seperti orang yang melakukannya"(HR.Bukhori)

Hadits-Hadits Tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Posted by ADMIN FULQURAN on June 14th, 2013

Bismillahirrahmanirrahim…

 Hadits-Hadits Tentang Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Berikut hadits-hadits yang berbicara tentang keutamaan membaca dan menghafalkan Al-Qur’an.. Kumpulan motivasi untuk shalihin dan shalihat terlebih bagi diri saya sendiri untuk lebih mengencangkan ikhtiar dalam menghafal ayat ayat cinta-Nya..

Ini dia . . .

PENAFQBIG

“Barangsiapa membaca satu huruf Al-Qur’an, dia akan meperoleh satu kebaikan. Dan kebaikan itu akan dibalas sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan alim lam mim itu satu huruf tapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

(Hadits At-Tirmidzi)

“Dikatakan kepada pemilik (pembaca-penghafal) Al-Qur’an: Bacalah, lembutkanlah dan tartilkanlah, layaknya engkau bacakan di dunia. Kedudukanmu adalah pada ayat-ayat terakhir yang engkau baca.”

(H.R Abu Dawud, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

“Bacalah Al-Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati orang yang menjaga Al-Qur’an. Al-Qur’an itu benteng Allah; siapa yang masuk ke dalamnya akan aman. Dan berilah kabar gembira kepada siapa saja yang mencintai Al-Qur’an. “

(H.R Ad-Darimi)

“Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya..”

(H.R Bukhari)

“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir, ia akan bersama malaikat yang mulia. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan masih tampak kesulitan, maka ia memperoleh dua pahala.”

(H.R Bukhari-Muslim)

“Seorang mukmin yang mampu membaca Al-Qur’an laksana buah jeruk; aromanya wangi dan manis rasanya. Sementara seorang mukmin yang tidak mampu membaca Al-Qur’an bagai buah kurma; tidak beraroma meskipun manis rasanya. Orang munafik yang mampu membaca al-qur’an laksana bunga; aromanya semerbak tapi pahit rasanya. Adapun orang munafik yang tidak mampu membaca Al-Qur’an bagaikan pare; tidak beraroma dan rasanya pun pahit.”

(H.R Bukhari-Muslim)

“Sesungguhnya dengan kalam ini (Al-Qur’an) Allah mengangkat derajat umat dan merendahkan yang lainnya.”

(H.R Muslim)

“Allah swt berfirman: ‘Barangsiapa yang menyibukkan diri dengan Al-Qur’an dan berdzikir kepada-Ku (sehingga lupa) tidak meminta kepada-Ku, maka akan Aku berikan yang lebih baik dari yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta”. Keutamaan kalam Allah dibandingkan dengan yang lainnya, laksana keutamaan Allah dibandingkan dengan yang lainnya, laksana keutamaan Allah dibandingkan dengan para makhluk-Nya.”

(H.R Tirmidzi)

“Orang yang mulutnya tidak pernah membaca Al-Qur’an laksana rumah tua tak terawat yang ditinggalkan penghuninya.”

(H.R Tirmidzi)

“Dikatakan kepada pemilik (pembaca-penghafal) Al-Qur’an, ‘Bacalah, lembutkanlah dan tartilkanlah, layaknya engkau bacakan di dunia. Kedudukanmu adalah pada ayat-ayat terakhir yang engkau baca.”

(H.R Abu Dawud, Tirmidzi dan An-Nasa’i)

“Siapa yang mebaca al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orangtuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?”

(H.R Abu Dawud)

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Follow Me

 

Switch to our mobile site